Tanda-tanda Orang Mengalami Obesitas dan Harus Segera Diet

Tanda-tanda Orang Mengalami Obesitas dan Harus Segera Diet

Tanda-tanda Orang Mengalami Obesitas dan Harus Segera Diet. Seseorang yang mengalamai obesitas atau kegemukan memiliki tingkat resiko lebih tinggi mengidap berbagai penyakit tidak menular seperti jantung, stroke sampai penyakit diabetes melitus. Tetapi hanya sedikit orang yang sadar akan resiko tersebut.

 

Tanda-tanda Orang Mengalami Obesitas dan Harus Segera Diet

 

Tidak sampai 40% orang yang menyadari bahwa dirinya mengalami obesitas atau kegemukan. Seperti penelitian yang sudah dilakukan oleh Yale University menerangkan bahwa hanya 3 dari 10 orang yang menyebut dirinya mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Sedang 7 sisanya mengaku bahwa dirinya sehta-sehat saja.

Untuk mengetahui seseorang tersebut sedang mengalami obesitas atau tidak sebenarnya ada tanda-tandanya, seperti dilansir dari laman Cosmopolitan, Tanda-tanda Orang Mengalami Obesitas dan Harus Segera Diet :

Kolesterol dan tekanan darah tinggi

Curiga mengalami kegemukan? Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter dengan melakukan pemeriksaan darah di laboratorium.  Orang-orang yang kegemukan mungkin tidak terlihat gendut di mata, tapi jika hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan angka kolesterol dan tekanan darah yang tinggi maka sudah waktunya untuk diet.

Lingkar pinggang lebih dari 89 cm

Untuk menghirung kegemukan atau tidak, bisa dilihat dari indeks massa tubuh (IMT) seseorang. Tetapi jika lingkar perut sudah lebih dari 89 cm, tidak perlu menghitung IMT pun sudah terlihat kalau kegemukan. Perut yang buncit merupakan tanda-tanda awal kegemukan. Penelitian menyebut perut buncit meningkatkan risiko jantung, diabetes dan darah tinggi.

Nyeri di tulang dan sendi

Nyeri di tulang dan sendi, baik itu di lutut, pinggang, maupun punggung, rentan terjadi pada orang-orang yang kegemukan. Hal ini dikarenakan lemak yang menumpuk dan badan yang bertambah berat membebani tulang, sehingga menyebabkan nyeri. Jika tidak segera diet, kerusakan pada tulang dan sendi bisa bersifat permanen. Karena itu, jangan tunda waktu untuk diet jika badan sudah kegemukan.

Munculnya stretch mark

Stretch mark tidak hanya timbul di perut wanita hamil. Pria dan wanita yang mengalami kegemukan atau obesitas pun bisa mengalami stretch mark di perutnya. Stretch mark sendiri adalah tanda kulit yang mengembang terlalu cepat. Hal ini biasanya terjadi karena peningkatan lemak yang berlebihan.

Mudah ngos-ngosan

Ngos-ngosan usai berlari merupakan hal yang normal. Tapi jika sudah ngos-ngosan padahal hanya berjalan 100 meter saja, tandanya badan sudah keberatan. Penambahan lemak pada tubuh bisa memengaruhi sistem pernapasan, di mana kerja otot paru-paru melemah sehingga tidak mampu memompa udara dengan baik.

Sumber : detikHealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *