Tips Memilih Sekolah Dasar Sebagai Bekal Masa Depan Anak

Tips Memilih Sekolah Dasar Sebagai Bekal Masa Depan Anak. Sekolah, tidak hanya menjadi tempat belajar, tapi juga sebagai tempat untuk mengamanahkan anak kita dari pagi sampai dengan sore. Kira-kira 9 jam buah hati kita tidak bersama dengan kita.

Tips Memilih Sekolah Dasar Sebagai Bekal Masa Depan Anak

Dalam kurun waktu 9 jam sangat mungkin untuk merubah perilaku dan gaya belajar anak. Untuk itu dalam memilih sekolah sebagai orang tua harus melihat dan memahami konsep belajar, serta kultur sekolah yang diajarkan pada anak kita.

Disini saya akan memberikan tips apa saja yang perlu menjadi pertimbangan ketika akan memilih sekolah. Diantaranya adalah:

Lihatlah kultur atau kebiasaan yang dilakukan setiap hari

Kultur atau kebiasaan sekolah yang baik pasti akan mendukung aplikasi semua norma, baik norma agama maupun sosial. Kita bisa melihatnya dari cara penyambutan siswanya. Cara memberikan punishment atau hukumannya. Cara guru memperlakukan siswanya dan kebiasaan sehari-hari yang mereka terapkan di sekolah, seperti baca buku, berdo’a sebelum belajar, antri ketika cuci tangan, sholat berjama’ah, mengucapkan kata-kata yang baik seperti “ ma’af “ dan “terimakasih”. Semua itu kelihatan mudah tapi kalau tidak dibiasakan dan diterapkan, maka akan berpengaruh juga kepada karakter dan tingkah laku anak.

Tips Memilih Sekolah Dasar Sebagai Bekal Masa Depan Anak

Perhatikan perbandingan jumlah guru dengan siswanya

Cobalah dilihat perbandingan antara jumlah guru dan siswa. Idealnya 24 siswa ada 2 guru yang ada di kelas. Sehingga ada yang menjaga serta mengawasi lebih optimal sikap dan cara belajar siswa. Dua guru itu diharapkan bisa membantu siswa yang nengalami kendala belajar, baik klasikal ataupun individual. Hal ini juga bisa meminimalisir adanya pertikaian antar teman ketika bermain. Karena mereka selalu diawasi atau dalam pengawasan guru. Sehingga kalau terjadi sesuatu diantara siswa bisa segera teratasi

Cek pelajaran apa saja yang akan diajarkan

Pelajaran apa saja yang siswa dapatkan. Cari sekolah yang muatan pelajarannya tidak hanya berorientasi pada dunia, tapi juga akhirat. Karena kita hidup ini ada 2 tujuan, untuk kesuksesan dunia dan akhirat. Jadi sudah jelas pelajaran apa yang harus ada yaitu agama, aqidah akhlaq serta pelajaran umum.

Cek jarak dari rumah ke sekolah

Perhitungkan juga jarak dari rumah ke sekolah. Karena kalau terlalu jauh kasihan siswamya. Jarak sekolah yang jauh akan membuat siswa lelah di jalan dan akan kecapekan serta tidak fokus di sekolah atau bahkan tertidur pulas.

Tips Memilih Sekolah Dasar Sebagai Bekal Masa Depan Anak

Cari tahu hasil lulusan sekolah tersebut

Yang terakhir adalah kita perlu juga tahu hasil lulusan alumni sekolah tersebut. Apakah ada hasil sesuai yang diharapkan baik itu perubahan secara akademis maupun nonakademis. Tentunya semua orang tua mengharapkan semua anaknya sebagai peralihan estafet dalam hidupnya bisa diandalkan dunia dan akhirat.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa digunakan sebagai wacana dalam memilih sekolah. Disini saya sengaja tidak membahas biaya. Karena untuk investasi dunia akhirat, pastilah sebagai orang tua akan mengupayakan bisa tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *