Tips Mencegah Penyelewengan dan Penyimpangan Dalam Rumah Tangga

Tips Mencegah Penyelewengan dan Penyimpangan Dalam Rumah TanggaAkhir-akhir ini seringkali ada berita tentang adanya orang ketiga dalam rumah tangga. Boleh di bilang syaiton tapi berwujud manusia bisa laki-laki atau perempuan. Keberadaan mereka kabarnya sangat mengganggu keharmonisan rumah tangga, karena mereka bisa saling benci dan bermusuhan satu sama lain.

Tips Mencegah Penyelewengan dan Penyimpangan Dalam Rumah Tangga

Oleh karena itu saya bermaksud memberikan tips yang mungkin bisa diaplikasikan tidak hanya secara teoritis tapi juga praktis. Tips itu secara umum saya bagi menjadi dua. Yang pertama secara dhohir atau fisik dan yang kedua secara bathin.

Tips yang pertama adalah secara dhohir atau fisik. Rawat secara fisik masing-masing dari pasangan kita. Namanya juga secara fisik, tentu yang berhubungan langsung dengan kondisi fisik kita. Misalnya wanita sangat ingin selalu tampil sempurna, meski tak sempurna, pada umumnya wanita suka baju baru yang selalu berganti setiap harinya. Para wanita suka memakai make up untuk mempercantik diri.

Bila perlu mereka senang sekali mencoba-coba kosmetik atau produk kecantikan yang menurut mereka bisa membuat lebih percaya diri. Mereka juga sangat ingin terlihat tetap menarik dan aduhai, serta selalu ingin dipercaya sebagai menteri keuangan meski mereka tidak bekerja diluar. Itu semua adalah kodrat wanita yang akan kita temukan hampir sama di semua wanita.

Nah, sekarang kita juga perlu tahu apa yang dibutuhkan secara fisik oleh para suami. Tentunya mereka sangat senang bila melihat wanita cantik dan menarik. Mereka juga senang dengan gadis muda atau dara-dara cantik yang sangat mempesona.

Sebenarnya kalau kita evaluasi sekilas klop sudah pasutri ini, satu ingin cantik dan awet muda, satunya sang suami ingin wanita cantik dan menarik. Jadi kalau dua sisi ini ditarik benang merahnya maka kita bisa berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan masing-masing keinginan pasutri ini.

Lalu apa yang akan dilakukan seorang istri bila dia punya keinginan itu semua. Pasti dia akan berusaha tampil sesuai yang diinginkan, dia ingin cantik mukanya dengan memakai Trulum product dari Synergy, dia ingin mempunyai tubuh langsing dengan mengikuti Program Smart Detox.

Tips Mencegah Penyelewengan dan Penyimpangan Dalam Rumah Tangga

Tentu untuk bisa tampil cantik dan langsing butuh biaya yang bisa dibilang tidak murah bagi sebagian orang. Yang pasti ada harga ada kualitas. Kebutuhan wanita untuk tampil cantik dan langsing itu seperti kita butuh makan. Bagi seorang wanita, kebutuhan itu sifatnya harus bisa dipenuhi.

Kalau dalam hukum ekonomi ada supply ada demand. Ada penawaran dan ada permintaan. Dalam supply dan demand ini pasti ada titik temu yang kita sebut agreement atau persetujuan. Begitu pula sebaliknya kalau tidak terjadi agreement maka yang biasa terjadi adalah penyimpangan.

Para wanita akan berusaha mencari sandaran kepada siapa saja yang menurut mereka bisa memenuhi kebutuhannya. Inilah akar dari awal mula penyimpangan. Hal itu bisa terjadi pada wanita atau pria. Istria tau suami. Begitu suami tidak puas melihat istrinya yang tampil apa adanya, maka dia juga pasti akan mencari yang lebih cocok dan pas menurut mereka.

Permasalahan kedua adalah biologis atau hubungan intim. Kalau kedua belah pihak sama-sama bisa saling melayani dengan baik, bisa dipastikan keadaan akan aman-aman saja. Tapi kalau tidak maksimal dalam melayani baik si istri maupun si suami, maka akan berusaha mencari-cari yang lain.

Permasalahan berikutnya adalah permasalahan non fisik. Permasalahan ini tidak bisa dilihat secara kasad mata tapi bisa dilihat dari perilaku keseharian pasangan kita, seperti kejujuran, amanah,keimanan dan tanggung jawab.

Kalau pasangan kita imannya kuat wah ini bagus sekali. Karena pasutri yang mempunyai kekuatan ini biasanya lebih tangguh dalam mengarungi bahtera kehidupan. Mereka sangat takut dilihat Allah  SWT, sehingga dalam hati mereka tidak ada ketakutan sama sekali ditinggal manusia atau tidak punya harta sekalipun. Masalahnya manuasia yang seperti ini yang jarang dijumpai, bisa dibilang dari 1000 orang hanya ada satu.

Tips Mencegah Penyelewengan dan Penyimpangan Dalam Rumah Tangga

Kejujuran ini wajib ada, karena kalau tidak maka bersiap-siaplah rumah tangga akan hancur cepat atau lambat. Amanah juga wajib punya, karena kita tentu tidak mungkin mengikuti kemana pasangan kita pergi. Mempunyai rasa tanggung jawab . Tanggung jawab seorang suami sudah jelas menafkahi dan membuat bahagia seluruh keluarga. Mendidik dan membiayai pendidikan anak-anak. Sedangkan istri mendidik anak-anak serta mengelolah sebaik -baiknya keuangan keluarga.

Masalah krusial pasutri itu bicara masalah financial. Masalah ini sering membuat sebagian dari kita sering cekcok. Sang istri merasa kurang, sementara sang suami pelit dan sangat perhitungan. Disinilah awal celah syaiton masuk, ketika ada orang lain yang lebih dermawan, apalagi itu mantannya, maka akan terjadi penyimpangan hanya karena financial. Begitu pula dengan sang suami, kalo dia merasa sudah maksimal mencukupi kebutuhan keluarga, tapi dia tidak mendapatkan pelayanan yang maksimal,maka muncul juga hasrat mengganti sang istri yang tidak bisa mengurus rumah tangga dengan baik

Untuk itulah perlu ada tindakan preventive sebelum semuanya kacau balau :

  1. Pasutri harus selalu saling mengingatkan, ngecharge masalah keimanan, karna ini adalah pondasi dan modal dasar yang kuat
  2. Menjalin komunikasi dua arah untuk menghadapi setiap permasalahan
  3. Kerjasama yang saling menguntungkan, saling bantu tugas, biar ada rasa ketergantungan
  4. Berusaha dengan maksimal untuk memenuhi kebutuhan keluarga, biar tidak ada celah orang masuk dalam kehidupan kita
  5. Menjaga amanah pasangan, harta dan anak-anak dengan baik
  6. Saling terbuka terutama dengan teman-teman di medsos
  7. Tanamkan selalu Allah melihat kita, sehingga kita selalu dalam koridor yang benar

Tak ada gading yang tak retak, begitupun dengan sharing saya ini, masih jauh dari sempurna. Apa yang saya tulis berdasarkan pengalaman dan membaca sekolah kehidupan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *