Tips Sehat Walau Sering Begadang dan Terhindar dari Penyakit

Tips Sehat Walau Sering Begadang dan Terhindar dari Penyakit

Tips Sehat Walau Sering Begadang dan Terhindar dari PenyakitBegadang memang tidak baik bagi kesehatan, karena mengganggu  atau mrubah waktu istirahat organ tubuh kita. Tetapi kalau memang terpaksa harus begadang karena tuntutan pekerjaan atau ada perkara lain yang mengaharuskan Anda untuk begadang, apa boleh buat.

 

Tips Sehat Walau Sering Begadang dan Terhindar dari Penyakit

 

Sebenarnya tubuh kita diprogram untuk tidur di malam hari dan terjaga dan waspada di siang hari. Ketika kita mencoba untuk tidur larut dan tidur di siang hari, kita bekerja melawan tubuh kita sendiri. Bagi Anda yang terpaksa harus begadang, berikut tips sehat walau serng begadang dan terhindar dari penyakit, seperti dikutip dari Everyday Health :

Menabung waktu tidur

Sebelum begadang tidur sedikit lebih lama pada malam-malam sebelumnya, atau bisa juga mencuri kesempatan pada tidur siang. Seseorang bisa menabung waktu tidurnya. Untuk mempersiapkan waktu malam (begadang), tidurlah selama sembilan jam setiap malam selama seminggu dan tabung sejumlah waktu tidur.

Menyibukkan diri sendiri

Orang-orang yang tetap sibuk ketika mereka mengantuk cenderung mendorong rasa kantuknya karena mereka fokus mereka teralihkan dengan tugas yang dilakukan. Sesekali diselingi cek instagram.

Ditemani kopi

Kafein adalah teman efektif untuk terjaga hingga larut malam. Namun, hanya menenggak satu minuman dengan kadar kafein tinggi pada awal tidak akan membantu kamu tetap melek sepanjang malam. Bagusnya minum minuman berkafein dengan kadar rendah secara berkala. Karena itu akan membantu menjaga kewaspadaan di seluruh shift tetapi juga menghindari orang-orang mengalami gangguan tidur yang signifikan begitu mereka pulang dan siap untuk tidur.

Curi-curi waktu untuk tidur singkat

Seseorang akan mengantuk sekitar jam 4 pagi hingga 5 pagi karena itu adalah waktu yang paling mengantuk. Bersiaplah untuk merasa sangat mengantuk di jam-jam sebelum fajar dan gunakan semua tindakan pencegahan yang mungkin untuk membantu Anda tetap terjaga. Sah-sah saja untuk mencuri-curi waktu tidur beberapa menit saat shift malam.

Tidurlah jika sudah mengantuk

Bagilah tidur menjadi dua kali yang masing-masing berlangsung selama 3-4 jam. Jangan memaksakan diri untuk tidur jika memang tidak bisa terlelap. Lebih baik bangun dan melakukan aktivitas lainnya. Bangun dan lakukan apa yang perlu dilakukan. Lakukan aktivitas setelah tiga atau empat jam terjaga, setelahnya tidur siang selama tiga atau empat jam sebelum kembali bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *