Trik Jitu Restoran yang Membuat Anda Lapar Mata

Trik Jitu Restoran yang Membuat Anda Lapar Mata. Pada saat Anda keluar dari rumah makan atau restoran mungkin Anda pernah berfikir bahwa Anda telah memesan atau memakan menu yang diluar prediksi Anda sebelumnya. Anda telah mengeluarkan uang lebih banyak dari yang Anda perkirakan.

Trik Jitu Restoran yang Membuat Anda Lapar Mata

Sebenarnya itu adalah trik restoran atau rumah makan yang membuat Anda memesan diluar dari yang Anda ingin makan sebelumnya. Dengan kata lain Anda dibuat lapar mata oleh restoran, sehingga Anda memesan makanan yang Anda lihat didaftar menu. Trik ini memang sudah umum dilakukan oleh hamoir semua rumah makan atau restoran.

Apa saja trik tersebut, simak ulasan dari Cosmo berikut :

Posisi Menu Makanan

Saat membuka halaman demi halaman daftar menu makanan tanpa sadar Anda memesan menu makanan yang letaknya berada disebelah kanan daftar menu. Daftar menu yang berada disebelah kanan menu adalah makanan penutup (dessert). Sedangkan yang sebelah kiri berisi menu seperti salad dan buah-buahan.

Harapannya adalah setelah Anda memesan makanan disebelah kiri dipastikan Anda akan melirik makanan yang berada disebelah kanan dan tanpa sadar Anda ikut memesannya juga. Karena mata Anda tertarik untuk memesannya makanan penutup tersebut.

Perlu diketahui bahwa menu penutup biasanya tidak diletakkan berdekatan dengan daftar menu utama. Kalau menu penutup diletakkan berdekatan dengan menu utama, maka menu penutup tersebut tidak akan Anda pesan, karena Anda sudah merasa kenyang dengan menu utama sehingga tidak diperlukan lagi menu penutup

Pemilihan Warna

Pernakah Anda memperhatikan warna-warna yang diaplikasikan disekitar restoran, mulai dari logo restoran sampai dinding interior ruangan. Warna yang digunakan biasanya adalah warna-warna hangat seperti merah, oranye dan kuning dengan maksud untuk menambah nafsu makan.

Sedangkan warna biru dan ungu biasanya menekan nafsu makan, menurut Gary Blumenthal dari International Food Strategies. Sehingga warna-warna ini sangat dihindari rumah makan ataupun restoran.

Tampilan Harga yang Cerdik

Cara terakhir restoran agar Anda tertarik memesan lebih banyak makanan adalah dengan merancang di bagian harga sebaik mungkin. Restoran akan “memainkan” harga makanan agar terlihat lebih terjangkau. Itulah mengapa seringnya harga pajak tidak dimasukkan dalam menu. Padahal beberapa restoran bisa memberikan pajak antara 10% hingga 21%.

Cara lainnya adalah dengan menghilangkan angka nol pada harga mereka. Bilangan yang kecil akan membuat Anda merasa lebih nyaman dalam memesan makanan. Semisal, untuk segelas soda yang harganya Rp 20.000,-, diubah menjadi 20 saja.

Namun trik yang paling cerdik adalah dengan menurunkan nominal angka di depan. Semisal, untuk sepiring pasta yang awalnya seharga Rp 80.000,-, diubah menjadi Rp 79.000,-. Angka 7 terkesan jauh lebih murah dibanding 8, walau sebenarnya harga yang Anda bayarkan sama saja. Hal ini bahkan telah teruji oleh riset yang dilakukan oleh Cornell University School of Hotel Administration.

 

Baca Juga : Rutin Mengkonsumsi Buah Menjadikan Kulit Cantik dan Cerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *