Waspadai 6 Makanan yang Berbahaya Untuk Jantung

Waspadai 6 Makanan yang Berbahaya Untuk Jantung. Semua orang pasti ingin memiliki jantung yang sehat, tidak terkecuali Anda. Selain melakukan olahraga secara teratur, Anda juga perlu mengimbanginya dengan melakukan diet sehat. Sesuai dengan namanya diet sehat, maka Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Waspadai 6 Makanan yang Berbahaya Untuk Jantung

Berdasarkan pendapat para ahli kardiovaskuler, Anda harus Waspadai 6 Makanan yang Berbahaya Untuk Jantung. Berikut ini adalah 6 makanan tersebut :

1. Soda

Selain kelebihan yang dimilikinya, soda merupakan minuman yang bebas lemak dan kalori. Namun soda juga masih memiliki kekurangan, yakni soda mengandung tinggi gula buatan. Sebagaimana kita tahu bahwa gula buatan yang tinggi dapat memicu banyak masalah salah satunya obesitas yang bisa menaikan kadar gula dalam darah, tentunya hal tersebut bisa memicu masalah pada jantung.

2. Berbagai Macam Kue

Rasa manis dan gurih pada kue membuat banyak orang menyukainya, meskipun tidak semua jenis kue. Namun kue yang mengandung tinggi gula dan tinggi lemak jenuh (seperti mentega) atau lemak trans, sangat berbahaya bagi kesehatan jantung Anda. Untuk itu Anda harus membatasi atau bahkan menghindarinya sejauh mungkin.

3. Makan Sereal Instan

Makan sereal sebenarnya sangat dianjurkan karena termasuk makanan sehat, namun ada jenis sereal yang perlu dihindari karena sereal yang tidak sehat yaitu seral instan. Rasa manis yang terdapat dalam sereal instan merupakan pemanis buatan sehingga kurang bagus untuk kesehatan jantung Anda.

4. Soft Drink atau Minuman Ringan

Meskipun namanya minuman ringan, tetapi efeknya tidak ringan bagi kesehatan. Karena soft drink merupakan sumber terbesar gula tambahan. Untuk itu minuman ringan yang kandungan pemanis buatan tinggi sebaiknya dijauhi karena dapat merusak kesehatan.

5. Gorengan

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa makanan yang digoreng itu dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Makanan yang goreng seperti kentang goreng, ayam goreng serta makanan gorengan lainnya, erat kaitannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Cara menggoreng yang konvensional akan menghasilkan lemak trans, yaitu sejenis lemak yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Untuk itu makanan seperti ini harus dihindari karena bisa mempengaruhi kesehatan jantung.

6. Makan Daging Olahan

Makanan seperti ham, bacon, sosis memiliki kandungan lemak jenuh dan garam yang cukup tinggi. Menurut American Heart Association, setiap harinya kita disarankan untuk konsumsi maksimal enam irisan tipis daging olahan. Karena dari enam irisan tipis tersebut sudah mengandung setengah dari jumlah sodium yang disarankan setiap hari. Jika kita terlalu banyak konsumsi makanan daging olahan, bisa memicu penyakit jantung.

Baca Juga : Lima Macam Obat yang Tidak Boleh Diminum dengan Teh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *